Free Widgets

Sabtu, 25 Juni 2011

Dibalik Biji Kenari?

Tentu kita semua tau buah kenari. Buah yang  tergolong biji-bijian ini kerap digunakan masyarakat untuk membuat bahan masakan, membuat pie, sampai berkhasiat untuk obat-obatan. Dalam penelitian di California, mengkonsumsi segenggam buah kenari dapat membantu mengurangi kolestrol dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Buah kenari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.Kenari memiliki kandungan asam alfa linolenat yang tinggi. Kandungan ini membantu melindungi arteri, dan melawan terjadinya plak di arteri. Mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah Kenari mengandung asam amino yang disebut L-arginin yang tinggi. Kandungan ini membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah. Tidak membuat berat atau lingkar pinggang bertambah. Kandungan protein dan serat dalam kenari tidak membuat tubuh Anda menjadi melar karena kudapan kacang-kacangan setiap hari.  Di Filipina, buah Kenari (Canarium ovatum), diolah menjadi berbagai produk olahan. Ciri khas yang ditunjukkan tumbuhan ini adalah pohonnya bisa mencapai 20 meter. Para ahli meyakini bahwa Kenari berasal dari Filipina. Di Indonesia, tumbuhan ini banyak dijumpai di Maluku. Sebagaimana diketahui, buah Kenari memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga jika disimpan dalam waktu lama bisa tengik.


Manfaat Kenari
- mengurangi resiko diabetes dengan berbagai khasiat seperti yang telah disebut di atas
- ekstrak buah kenari dapat mengatasi disfungsi ereksi.

Sejak dulu, pria Prancis percaya kacang ini dapat meningkatkan libido bercinta. Namun, tak hanya itu, kacang kenari ini juga dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Sebuah penelitian menemukan, makan kacang ini setiap hari dapat mengurangi ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhannya. Walaupun percobaan dilakukan pada tikus, para peneliti percaya, penelitian ini juga relevan jika diterapkan pada manusia.

Para peneliti menyarankan, bagi pria dianjurkan mengonsumsi sekitar 14 butir kenari yang dikupas sebagai makanan diet. Cara ini dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat yang merupakan penyakit 'pembunuh' pria tertinggi kedua di dunia setelah kanker paru-paru. Perlu diketahui, sekitar 35.000 pria Inggris didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun, dan 10.000 orang meninggal akibat penyakit ini.

Walaupun penyebab penyakit tidak sepenuhnya jelas, namun diketahui ada hubungannya dengan diet, dan cenderung terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi makanan rendah lemak yang didapat dari buah dan sayuran.

Kenari, yang secara alami mengandung zat kimia tinggi diyakini mampu meningkatkan kesehatan. Zat yang terkandung dalam kenari di antaranya termasuk omega-3 asam lemak, yang telah terbukti bisa membantu mencegah kanker payudara dan penyakit jantung.

Dalam studi terbaru, University of California mempelajari tikus yang secara genetik rentan terhadap kanker prostat. Dalam penelitian ini, para ilmuwan menyebar beberapa kenari pada sawah yang ditanami padi selama dua bulan.

Dan hasilnya, Peneliti Paul Davis mengungkapkan, "Kami menemukan bahwa kenari yang dimakan tikus-tikus mengakibatkan risiko kanker prostat lebih kecil, karena memperlambat pertumbuhan tumor. Karena itu, sebaiknya kenari dijadikan bagian dari diet harian di antara buah-buahan dan sayuran.

Dr. Helen Rippon, dari Prostate Cancer Charity, berkata: "Meski terlalu awal mengatakan kenari dapat mencegah kanker prostat pada pria, namun hasil penelitian ini amat menjanjikan untuk pencegahan kanker prostat." Banyak makanan yang baik untuk kesehatan, kenapa Anda lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji ? Kenari adalah salah satu makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

1 komentar:

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!
    Gadget

    BalasHapus